luthfi mulyadi

HERE I AM… Nama  ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Aku dan Macan Pohon Gunung Salak 2180mdpl (part2)

Aku dan Macan Pohon Gunung Salak 2180mdpl (part2)

Waiting 4 Guide

“Bang, sebenarnya sekarang saya gak bisa antar”

iapun angkat bicara .

“Masyaallah, kan akang udah janji mau antar saya?”

“kayaknya malam ini gak baik”,

ia pun memberi alasannya.

“Bismillah kang, insyaallah gak akan terjadi apa-apa”

bujukku dengan yakin.

“Ya sudah, tungu sebentar, saya mau menghadap juru kunci dulu ya, semua tergantung padanya, kalo dia bilang aman saya berangkat, kalau tidak saya tidak berani”

“Ok”sambutku kecewa.

Terbayang di kepalaku, malam Jum’at tanpa guide aku dan para pemula akan menembus rimbunnya hutan gunung SalakII yang dikenal angker.

“Bismillahirrahmanirrahim”

kutarik nafas dan hembuskannya beberapa kali berharap-harap cemas. Menunggu guide menghadap Sang Juru Kunci Gunung SalakII.

“FUUUUUUUUUUUH”

Aku harus siap apapun keputusannya. Jika tidak didampingipun tidak apa-apa. Kita tetap berangkat jika yang lain siap. Masyaallah nekatnya diriku jika diingat ingat dulu

Setengah jam kemudian, ia pun menghampiri kita.

”Gak bisa bang, malam ini gak baik”

lapornya.

”OK, terimakasih ya kang” sambutku.

“Jadi, tetap berangkat nih?”,

tanyanya kembali.

”Nanti kita diskusikan dulu”

, “OK, saya pulang ya,kalo ada apa-apa kerumah aja”,

”OK, makasih kang”

“OK teman-teman, Sang dukun tak izinkan kita tuk berangkat, tapi saya siap berangkat malam ini karena ada Allah Maha Pelindung, gimana dengan kalian”,

harap-harap cemas juga aku menunggu jawaban mereka para pemula.

”SIAAAAAAP ALLAHU AKBAR”,

Subhanallah Alhamdulillah tak kusangka mereka kompak menjawabnya dengan lantang.

”OK, packing ulang, tepat jam 12 pagi kita berangkat!”

Kupikir-pikir kayanya mustahil juga hargai jasa guide dengan Rp50rbhehehe, jujur uangku tinggal segini. Bokeeeeeeeeek

“Bismillahirrahmanirrahim, Alfatihah dengan khusyu’ yakini Allah Maha Pelindung, kita berangkat pagi ini

اللهم يا دافع البلاء يا الله

ويا دافع البلاء يا رحمن

ويادافع البلاء يارحيم

ادفع عنا البلاء والغلاء والوباء

بجهدك دعواهم فيها سبحان وبك رب العزة عما يصفون

وسلام على المرسلين زالحمد لله رب العالمين

Demikian doa yang selalu kubaca saat mendaki gunung dan dalam perjalanan lainnya.

Beginning

00.10.Tapaki bukit pertama di tenggara musholla.Ini adalah punggungan pertama terendah yang harus kita lewati menuju punggungan yang lebih tinggi menuju puncak Salak2.

00.20.Terobos gelap malam rimbun alang duri. Allah swt pasti lindungi kami dari ular dan bahaya lainnya yang mengancam. Baru saja 20menit kami berjalan, sudah bingung kami arah mana yang harus dipilih.

Betapa tinggi-tingginya alang-alang rumput yang tumbuh di sini. Selain juga banyak sarang laba-laba yang menghiasi track ini. Jelas ini adalah bukti bahwa jalur ini memang sudah di tutup.

Jika memang puncak Salak 2 masih didaki bisa jadi tidak begitu sulit aku dkk menemukan jalur yang tertutup tingginya alang-alang.Subhanallah baru saja di pungungan pertama, sudah begini tracknya. Bismillahirrahmanirrahim, Ya Allah mudahkan-mudahkan

01.30. Rapiah kuning kita ikatkan sebagai tanda jalan yang sudah kita tempuh dalam rangka memudahkan saat kembali turun. Tebasan pisau terus berlanjut tiap menit. Kamipun menemukan pohon duri unik di samping alang-lang dan pohon yang mirip pohon salak sebagai penanda.

Agaknya sejauh ini tidak begitu banyak kami jumpai saat naik. Sebelumnya ingin ku lewati saja pohon itu tanpa ikatan tali rapiah kuning sebagai penanda jalan.

Keterburuan membuat aku mengabaikan pohon yang sebenarnya memang unik. Kuanggap banyak pohon seperti itu akan kita jumpai di atas.Pohon itu tidak mempunyai banyak cabang dan hanya duri sepanjang 4cm tiap jengkal tubuhnya.

Karena uniknya Ory memaksaku untuk membuat tanda.. Alhamdulillah di akhir cerita, setelah berjam-jam tersesat dan hampir putus asa, dengan izin Allah swt pohon itulah yang kami temui.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wow, perjalanan naik Gunung Salak. Kereeen Pak. Sukses selalu dan barakallahu fiik

24 Jan
Balas

Alhamdulillah.Tks Bunda.Aamiin.Sukses dan berkah terus buat kita semua

28 Jan
Balas



search

New Post